Nasional

Vonis Nurhadi, Jaksa Ajukan Kasasi

INDOPOSCO.ID – Vonis Pengadilan Tinggi DKI Jakarta ditanggapi dengan kasasi oleh jaksa KPK. Kasasi tersebut diajukan dalam vonis penerimaan suap eks Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi dan menantunya Rezky Herbiyono.

“Tim Jaksa yang diwakili Wahyu Dwi Oktafianto, mengajukan kasasi melalui Kepaniteraan Tipikor pada PN Jakarta Pusat untuk perkara dengan terdakwa Nurhadi dan terdakwa Rezky Herbiyono,” kata Plt Juru Bicara KPK Ipi Maryati Kuding di Jakarta, Selasa.

Ada beberapa alasan yang mendasari jaksa menempuh upaya kasasi. “Sebab, semua argumentasi yang menjadi dasar memori banding tim jaksa tidak diakomodasi hakim tPengadilan Tinggi DKI Jakarta,” ujar Ipi.

Misalnya, kata Ipi, lama vonis pidana yang belum memenuhi rasa keadilan, jumlah uang suap dan gratifikasi belum sesuai dengan apa yang dituntut.

“Terutama kewajiban pembayaran uang pengganti bagi para terdakwa,” ucap Ipi.

Seperti diberitakan, 10 Maret 2021, majelis hakim pengadilan Tipikor Jakarta memvonis Nurhadi dan Rezky Herbiyono dengan hukuman 6 tahun penjara ditambah denda Rp500 juta subsider 3 bulan karena terbukti menerima suap sejumlah Rp35,726 miliar serta gratifikasi dari sejumlah pihak sebesar Rp13,787 miliar. Sementara tuntutan jaksa adalah 12 tahun penjara. (bro)

Sponsored Content
Back to top button