Nasional

Volume Perdagangan RI-China Tinggi, Pakai Mata Uang Lokal

INDOPOSCO.ID – Volume perdagangan antara Indonesia dan China termasuk sangat tinggi. Untuk itu, pemerintah Indonesia menggunakan mata uang lokal dalam kegiatan transaksi perdagangan tersebut, termasuk transaksi investasi.

“Sejak 5 sampai 10 tahun terakhir volume perdagangan kita dengan China terus mengalami peningkatan baik dari sisi ekspor maupun impor,” kata Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Kementerian Perdagangan Kasan, dalam diskusi daring BPPP Kemendang di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan, China adalah pasar ekspor terbesar Indonesia dengan persentase melebihi 20 persen dari total ekspor secara keseluruhan. China juga menjadi negara yang sering mengimpor kebutuhan bahan baku untuk industri yang ada di Indonesia. Bahkan pada tahun 2020 nilai transaksi ekspor dan impor Indonesia dengan China tercatat meningkat cukup besar yakni 71,4 miliar dolar AS.

“Meskipun tahun lalu kita masih defisit, itu sudah tinggal setengahnya dari defisit yang terjadi 2019 sebelum adanya COVID-19,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button