Gaya Hidup

Vitamin D Ampuh Lawan Covid-19? Ini Penjelasan Ahli

INDOPOSCO.ID – Vitamin D pada tubuh memiliki banyak manfaat, seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bahkan, mengurangi risiko infeksi Covid-19 dan tingkat keparahan penyakitnya.

Dokter spesialis bedah ortopedi dan traumatologi, dr. Henry Suhendra mengatakan, seseorang yang mengoptimalkan asupan vitamin D dapat mengurangi keterpaparan virus corona cukup besar.

Hal itu berdasarkan literasi dr. Michael Holick dari Boston University, pada tahun 2020, dia menulis di media massa bernama Boston Herald. Berisi tentang vitamin D ampuh menangkal Covid-19.

“Literatur yang saya pegang, bulan September 2020 itu (dr. Michael) mengatakan, kalau vitamin D kita optimal, itu mengurangi kemungkinan infeksi corona virus sampai 54 persen,” kata dokter Henry Suhendra dalam YouTube Deddy Corbuzier dilihat, Rabu (14/7/2021).

Menurutnya jumlah persentase tersebut hampir mendekati efektivitas vaksin Covid-19 yang berada di kisaran 60 hingga 65 persen. Sebab, tidak ada efektivitas vaksin hingga 100 persen.

“Tinggi sekali (presentase 54 persen), vaksin pun beda-beda efektivitasnya,” jelas dokter Henry.

Ia menuturkan sumber vitamin D ada tiga yaitu, matahari, makanan, suplemen. Perannya sangat penting melawan virus corona dan sangat baik untuk tubuh.

“Vitamin D kan untuk melawan infeksi macam-macam. Bakteri, virus, termasuk covid-19. Melawan kanker, melawan sakit jantung, melawan autoimun,” tuturnya.

Jumlah vitamin D harus optimal di atas 100 nanogram per mililiter. Termasuk yang digunakan untuk autoomun. Vitamin itu bekerja secara langsung maupun tidak langsung.

“Saya sebutkan, dr. Judson Somerville, jadi ini ada referensinya, bukan asal mangap kita. Judson Somerville dari Texas itu menyebutkan optimal blood level (level darah) itu adalah 100 sampai 140 nanogram per mililiter,” terangnya. (dan)

Sponsored Content
Back to top button