Nusantara

Virtual Police Wujudkan Medsos yang Sehat dan Bersih

INDOPOSCO.ID – Program polisi virtual (virtual police) yang sudah secara resmi diluncurkan oleh Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri bertujuan untuk mewujudkan media sosial (medsos) yang sehat dan bersih.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi menjelaskan sesuuai dengan 16 program prioritas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pada poin lima, yakni pemantapan kinerja pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Virtual police hadir, kata Edy Sumardi sebagai bagian dari pemeliharaan Kamtibmas khususnya di ruang digital agar bersih, sehat dan produktif.

“Virtual police juga merupakan kegiatan kepolisian untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang opini atau konten yang dianggap berpotensi melanggar tindak pidana,” ujar Edy Sumardi, Minggu (28/2/2021).

Sebagaimana kita ketahui bahwa Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri, Irjen Polisi Argo Yuwono beberapa hari yang lalu menyampaikan bahwa melalui virtual police, kepolisian memberikan edukasi dan pemberitahuan bahwa apa yang ditulis yang mengandung makna melanggar pidana, mohon jangan ditulis kembali dan dihapus.

Argo menjelaskan bagaimana virtual police ini menjalankan tugasnya. Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengatakan, peringatan virtual police kepada akun yang dianggap melanggar tidak subjektif melainkan lewat kajian mendalam bersama para ahli.

Adapun prosesnya ialah, ketika di suatu akun ditemukan tulisan atau gambar yang berpotensi melanggar pidana. Kemudian petugas men-screenshoot unggahan itu untuk dikonsultasikan oleh tim ahli yang terdiri dari ahli pidana, bahasa dan ITE.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button