Headline

Viral, Rumah BSPS di Gorontalo Mendadak Jadi Objek Wisata

INDOPOSCO.ID – Salah satu rumah masyarakat yang menerima bantuan bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) di Kota Gorontalo saat ini mendadak menjadi objek wisata baru. Rumah yang sebelumnya tidak layak huni tersebut kini berhasil diubah menjadi rumah yang layak dan menarik perhatian warga dan viral di media sosial (medsos).

Menurut pengakuan dari pemilik rumah yang juga penerima Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah, Suwarni Pakili mengaku sangat senang bisa mendapatkan bantuan bedah rumah ini. Meskipun jumlah bantuan yang diterimanya tidak terlalu besar, tapi hal itu cukup memacu semangat dirinya bersama keluarga dan masyarakat sekitar untuk mengubah rumahnya menjadi lebih layak huni.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri PUPR, Dirjen Perumahan dan semua pihak yang telah membantu perbaiki rumah ini. Saya minta program ini bisa dilanjutkan karena masih banyak rumah yang tidak layak huni dan bisa dibantu melalui program tersebut,” ungkapnya.

Suwarni Pakili saat ini tinggal di Kelurahan Dembe 1 Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Saat menerima kunjungan dari Tim Monitoring Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Gorontalo. Dirinya menunjukkan rumah yang dicat dengan berbagai cat warna-warni dan bergambar kapal berukuran besar di bagian dinding luarnya.

Rumah Suwarni yang sebelumnya rusak, tidak layak huni kini sudah diperbaiki oleh Kementerian PUPR melalui Program BSPS pada 2020 dan sudah dilengkapi dengan akses sanitasi yang baik dan fasilitas air bersih yang memadai. Karena rumahnya memiliki keunikan tersendiri, kini banyak warga yang berkunjung untuk mengambil dokumentasi baik foto maupun video dengan latar rumah yang dihiasi berbagai lukisan yang salah satunya menggambarkan tenggelamnya Kapal Titanic pada dinding rumah.

“Saya mendapat bantuan Rp17,5 dana Program BSPS dari Kementerian PUPR. Sejak dinding luar rumah saya dicat warna–warni cukup banyak pengunjung yang datang untuk sekedar mengambil foto maupun video. Setiap pengunjung yang datang juga diwajibkan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button