Internasional

Vietnam Perluas Langkah Penguncian Covid-19 karena Peningkatan Kasus

INDOPOSCO.ID – Vietnam pada Selasa (25/5) memperluas langkah-langkah penguncian di kawasan industri di utara untuk memerangi wabah Covid-19 terbesar sejauh ini di saat pihak berwenang melaporkan rekor harian dalam kasus-kasus baru yang lebih dari dua kali lipat dari jumlah tertinggi sebelumnya.

Kementerian kesehatan pada Selasa malam mengumumkan 447 infeksi baru Covid-19, lompatan terbesar sejak 190 kasus yang dicatat pada 16 Mei. Laporan itu didorong oleh klaster di zona pabrik di Provinsi Bac Ninh dan Bac Giang. Jumlah tersebut merupakan angka revisi dari pengumuman sebelumnya sebanyak 457 kasus.

“Varian Covid-19 yang ditemukan saat ini telah menyebar dengan sangat cepat dan luas,” kata Menteri Kesehatan Nguyen Thanh Long dalam sebuah pernyataan, tanpa menyebutkan varian yang terdeteksi.

Vietnam telah melaporkan keberadaan varian yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di India.

Wabah telah menyebar ke lebih dari 30 dari 63 kota dan provinsi di Vietnam, termasuk ibu kota Hanoi, yang telah menutup restoran dan melarang pertemuan publik.

Bac Ninh, lokasi fasilitas produksi Samsung Electronics, memulai jam malam dan pembatasan perjalanan mulai Selasa (25/5), lapor media pemerintah.

Pembatasan itu menyusul penutupan sementara empat kawasan industri, termasuk tiga fasilitas Foxconn, oleh pihak berwenang di Provinsi tetangga Bac Giang.

Wabah tersebut bisa menjadi tantangan besar bagi Vietnam, yang berhasil mengatasi wabah yang lebih awal dan lebih kecil serta menghindari tingkat kerusakan ekonomi yang diderita oleh negara-negara tetangganya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button