Nusantara

Varian Delta Mengamuk di Balikpapan

INDOPOSCO.ID – Corona virus disease (COVID)- 19 varian delta saat ini juga menyebar di Balikpapan, tidak hanya di Samarinda serta Bontang, Kalimantan Timur. Sebanyak 3 dari 10 sampel yang dikirimkan Satuan Tugas( Satgas) Penanganan COVID- 19 Balikpapan ke Laboratorium Kementerian Kesehatan dikonfirmasi mengandung COVID varian baru tersebut.

“ Walaupun sementara ini asalnya bukan pasien ber- KTP Balikpapan, tapi satu dari Sidoarjo, Jawa Timur; serta 2 dari Jepara, Jawa Tengah,” ujar Juru Bicara Satgas COVID- 19 Balikpapan Kepala Dinas Kesehatan( Kadinkes) dr Andi Sri Juliarty, Selasa.

Mereka 2 orang dirawat di RS Bhayangkara dan 1 orang di RSUD Kanujoso Djatiwibowo.

Balikpapan merupakan kota tujuan untuk pendatang, bagus untuk sekadar transit serta menuju ke daerah- daerah lain di Kalimantan, atau juga buat menetap serta bekerja di Kota Minyak itu.

Sebelum COVID- 19 mewabah, rata- rata sebulan Balikpapan menyambut pendatang baru 10 ribu orang.

Namun begitu, terlepas dari jumlah pendatang, menurut Kadinkes Juliarty, tanda- tanda varian delta telah menyebar di Balikpapan nampak dari pesatnya jumlah mereka yang terpapar serta meninggal dunia dalam 3 minggu terakhir.

“ Baik dari jumlah kasus harian, jumlah yang dirawat di Rumah sakit ataupun yang isolasi mandiri, serta jumlah yang meninggal dunia; yang berbeda dari gelombang pertama COVID- 19 ini menyebar,” nyata Kadinkes Juliarty di Balai Kota.

Pada Selasa( 13/ 7) lalu misalnya, terdaftar 600 orang lebih yang positif COVID- 19 di Balikpapan. Pada hari itu juga ada kematian lebih dari 40 orang.

Sebab itu, jelas Kadinkes, telah tepat keputusan Pemkot untuk mengetatkan aktivitas warga, yang setidaknya sukses merendahkan jumlah yang positif terhampar jadi dekat 200an saja di awal minggu ini.

” Meski kita akan terus mengetatkan pengawasan mereka yang isolasi mandiri ataupun kontak erat, agar betul- betul jangan keluar rumah hingga betul- betul dilaporkan sehat kembali, biar tidak menulari yang lain,” tutur Kadinkes.

Karena seperti itu pula Pemkot Balikpapan membuat Dapur Umum untuk penuhi keinginan masyarakat yang menempuh isolasi mandiri, termasuk juga pengantaran obat- obatan.

“ Karena itu pula kita selalu mengingatkan agar masyarakat senantiasa patuh melaksanakan aturan kesehatan: rajin mencuci tangan, senantiasa gunakan masker, jaga jarak,” tutur Ketua Satgas COVID- 19 Balikpapan Wali Kota Rahmad Mas’ ud. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button