Nusantara

Vaksinasi di Kota Serang Baru 19,5 Persen, Kadinkes: Banyak Nakes Terpapar Covid-19

INDOPOSCO.ID – Capaian pelaksanaan vaksinasi di Kota Serang masih terbilang rendah. Hingga kini, baru 19,5 persen masyarakat yang telah divaksin. Hasil itu masih jauh dari yang ditargetkan pemerintah pusat.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, M. Ikbal mengatakan, vaksinasi terhadap masyarakat Kota Serang ditargetkan 525.000 oleh pemerintah pusat.

Namun sejauh ini, baru ada 103 ribu orang yang telah divaksin dosis pertama atau 19,5 persen.

“Dosis kedua 64 ribu lebih. Kita sampai Desember sudah tervaksin. Jadi 19,5 persen (dosis pertama) total dari 525.000. Jadi dosis kedua diangka 14 sekian persen, masih ada 5 bulan lagi yang dikejar. Targetnya baru muncul untuk semua kelompok,” katanya saat ditemui di Puspemkot Serang, Jumat (23/7/2021).

Ia mengklaim, kendala pelaksanaan vaksinasi dapat teratasi dengan baik. Mengingat, masyarakat sudah memiliki kesadaran tentang manfaat vaksin di Kota Serang.

Sehingga, layanan kesehatan di Kota Serang selalu ramai dubru masyarakat untuk minta divaksin.

“Kalau kendala ada, tapi bisa diatasi. Dulu banyak orang lari kalau divaksin, sekarang ngejar,” uajrnya.

Namun, tantangan saat ini adalah banyak tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19. Akibtanya, ada beberapa Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang harus menutup pelayanan, karnea tenaga kesehatannya melakukan isolasi.

“Sekarang kecapean tenaga kita, Puskesmas ada yang terpapar juga, satu Puskesmas ada 5 sampai 10 orang. Sekarang Puskesmas dikejar masyarakat, ramai. Saat-saat sekarang petugas kita ada yang isolasi mandiri, jadi berjalan saja sesuai kemampuan kita,” ungkapnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button