Nusantara

Vaksinasi bagi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Serang Capai 33 Persen

INDOPOSCO.ID – Vaksinasi Covid-19 untuk para penyandang disabilitas di Kabupaten Serang, Banten telah mencapai 1.563 orang atau 33 persen dari total sasaran sebanyak 4.867 orang.

Para penyadang disabilitas tersebut tersebar di 29 kecamatan, dan dilakukan vaksinasi di 31 puskemas yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Serang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Agus Sukmayadi ketika dihubungi INDOPOSCO, Kamis (2/9/2021) menjelaskan, vaksinasi bagi penyandang disabilitas telah dilaksanakan sejak pertengahan Agustus 2021 lalu.

“Progres vaksinasi untuk penyandang disabilitas hingga 1 Setember 2021 telah mencapai 33 persen,” ujarnya.

Agus mengungkapkan sekitar ada dua puskesmas yang telah memvaksin penyandang disabilitas hingga 100 persen yakni Puskesmas Padarincang dengan jumlah sasaran 146 orang. Selain itu, Puskesmas Waringin Kurung, dengan jumlah sasaran 72 orang.

“Yang terendah capaian vaksinasinya adalah Puskesmas Tunjung Teja baru 1 persen dengan sasaran 174 orang, Puskesmas Gunung Sari baru 2 persen dengan jumlah sasaran 105 orang dan Puskesmas Cinangka baru 3 persen dari jumlah sasaran 238 orang,” kata Agus.

Ia mengungkapkan, untuk pelaksanaan vaksinasi Dinkes Kabupaten Serang melibatkan para Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) dan desa.

Melalui TKSK dan desa, kata Agus, bisa berkunjung ke desa-desa, atau paling tidak mendekatkan pelayanan kepada tempat tinggal para disabilitas.

Karena itu, Agus mengimbau pihak keluarga yang mempunyai anggota penyandang disabilitas untuk segera menghubungi TKSK di kecamatannya masing-masing, agar mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

“TKSK dapat memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi di puskesmas. Dimohon kepada keluarga yang mempunyai penyandang disabilitas untuk segera menghubungi TKSK,” katanya. (dam)

Sponsored Content
Back to top button