Ekonomi

Vaksin Gotong Royong Percepat Vaksinasi Usia Produktif

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, Vaksin Gotong Royong mempercepat vaksinasi untuk usia produktif.

“Salah satu tugas sudah dimulai terkait sektor gotong royong untuk mereka yang berusia produktif. Dengan jumlah vaksin yang bertambah dan jumlah (vaksinasi) lansia bisa diselesaikan sesuai targetnya, maka sudah akan bisa dimulai program pemerintah bagi mereka yang masuk dalam rentang usia ini,” kata dia, dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Rabu (19/5).

Sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN), Airlangga menyambut baik pelaksanaan awal Vaksinasi Gotong Royong tersebut, apalagi melihat antusiasme dari perusahaan yang ingin karyawan mereka segera divaksin.

“Tadi sudah dibuka Presiden dan sudah ada 19 perusahaan yang mengikuti. Ini juga untuk mengakselerasi tercapainya herd immunity, dan tentunya gotong royong ini menunjukkan korporasi burden sharing dengan pemerintah, di mana produktivitas karyawan ditanggung mereka,” ujar dia, seperti dikutip Antara.

Adapun beberapa vaksin yang pemerintah sudah berkomitmen pengadaannya antara lain Sinovac (hingga November 2021) berjumlah lebih kurang 147 juta, Novavax (semester II) sekitar 50 juta, lalu Covax Gavi (sistem multilateral, sampai Desember 2021) sebanyak 54 juta, AstraZeneca (sampai Desember 2021) ditargetkan 20 juta.

“Pfizer juga rencananya diadakan di semester kedua sejumlah 50 juta. Juga ada tambahan vaksin bilateral dari Covax Gavi sebanyak 60 juta, dan Vaksin Gotong Royong (Sinopharm) direncanakan 15 juta,” kata Menko Airlangga.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button