Headline

Vaksin Covid-19 di Bulan Puasa Tuai Pro dan Kontra

INDOPOSCO.ID – Hukum disuntik saat berpuasa menjadi ikhtilaf dikalangan para ulama. Pernyataan tersebut diungkapkan Pimpinan Majelis Ta’lim Was Sholawat An Nur, Purwakarta, Jawa Barat, Ustaz Anugrah Sam Sopian menanggapi pernyataan Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Asrorun Niam Sholeh.

Menurut Anugrah, ada sebagian ulama berpendapat batal karena alasan memasukan ‘ain (benda) ke dalam anggota tubuh. Baik melalui mulut, atau melalui lubang-lubang yang berada dalam tubuh atau tanpa melalui lubang-lubang tersebut seperti contohnya disuntik atau pun diinfus.

“Ada ulama yang menyatakan batal menyuntikan sesuatu ke dalam tubuh di waktu puasa, tapi sebagian lagi ada ulama yang memperbolehkan selama suntikan itu berupa obat, bukan berupa suntikan atau infus yang berupa vitamin yang akan membuat tubuh segar karena berfungsi sebagai pengganti makanan,” katanya, Rabu (17/3/2021).

“Akan tetapi sebaiknya sebagai ikhtiyat (upaya kehati-hatian) hendaknya di suntik di malam hari agar terlepas dari ikhtilaf tersebut,” imbuhnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button