Nusantara

Utang Pemprov ke PT SMI Rp4,9 T Beban Warga Banten

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 bukan hanya menyisakan kesulitan ekonomi dan kesehatan. Tetapi, virus yang menyerang itu meninggalkan utang senilai Rp4,9 triliun bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten. Beban itu harus ditanggung oleh rakyat Banten.

Pinjaman daerah itu dilakukan dalam konteks Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Sebab, Provinsi Banten dinilai terdampak Covid-19. Terlebih, APBD tahun 2020 dilakukan refocusing untuk penanganan pandemi.

Atas kebijakan pemerintah pusat, Pemprov Banten mengajukan pinjaman daerah sebanyak Rp4,9 triliun dengan penyaluran dua tahap. Pertama, untuk APBD Perubahan 2020 senilai Rp856 miliar. Kedua, senilai Rp4,1 triliun untuk APBD tahun 2021.

Direktur Aliansi Independen Peduli Publik (ALIPP) Uday Suhada mengatakan, penggunaan pinjaman yang dilakukan Pemprov Banten dinilai jauh dari kepentingan rakyat Banten. Sebab, anggaran itu digunakan untuk sejumlah proyek yang tidak menjadi prioritas dalam penanganan Covid-19.

“Misalnya, soal pembangunan sport centre. Sprot centre ini menghabiskan uang kemarin (APBD Perubahan 2020) Rp400 miliaran dari Rp800miliar yang diterima di PT. SMI. Bayangkan dengan Rp400 miliar akan seperti apa Stadion Internalsional itu katanya. Saya yakin akan terbengkalai. Ini justru akan menjadi catatan buruk dalam kepemimpinan WH-Andika,” katanya saat diwawancara di Taman Graha Asri, Kota Serang, Senin (15/3/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button