Nusantara

Usulan Dana BOS di SMAN 2 Panggarangan Berdasarkan Dapodik

INDOPOSCO.ID – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Panggarangan, Kabupaten Lebak, Banten, Irawan membantah adanya manipulasi jumlah siswa untuk mendapatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) reguler.

Menurut Irawan, pengusulan dana BOS berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) atau jumlah siswa setiap tanggal 31 Agustus,dengan mengacu kepada Permendikbud Nomor 6 tahun 2021 tentang petunjuk teknis (Juknis) BOS reguler.

”Artinya apa, ketika pada Dapodik bulan Agustus ada jumlah siswa 100 orang,itulah yang kami usulkan untuk mendapatkan dana BOS. Ketika dana BOS cair, jumlah siswa berkurang dengan berbagai alasan,tetapi dana BOS yang diterima oleh sekolah tetap dengan nilai 100 orang sesuai dengan usulan,” terang dia, kepada INDOPOSCO, Kamis (22/7/2021).

Demikian pun sebaliknya, jika pada usulan dana BOS Agustus jumlah siswa yang diusulkan 100 orang, dan ternyata pada awal tahun atau sebelum Agustus tahun berjalan pencairan dana BOS jumlah siswa bertambah. Namun dana BOS yang diterima oleh sekolah tetap 100 orang, sesuai usulan tahun sebelumnya.

“Jadi setelah usulan dana BOS bulan Agustus,jumlah siswanya berkurang atau pun bertambah,tetap dana BOS yang diterima oleh sekolah sesuai dengan usulan itu,” tegasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button