Internasional

Usai Operasi Usus, Paus Fransiskus Sudah Membaik

INDOPOSCO.ID – Paus Fransiskus dalam kondisi baik setelah menjalani operasi untuk mengangkut bagian dari usus besarnya, tutur Vatikan, Senin (5/7/2021).

Paus berumur 84 tahun itu diperkirakan akan tinggal di rumah sakit sepanjang tujuh hari kecuali ada komplikasi. Ini menyusul operasi usus pada Minggu (4/7/2021) malam yang dilakukan tim operasi yang beranggotakan 10 orang di Rumah Sakit Gemelli Bulu halus. Demikian yang disampaikan Juru Bicara Matteo Bruni dalam suatu keterangan.

Paus menjalani hemikolektomi kiri, metode di mana satu bagian usus besar dinaikan. Ini merupakan awal kalinya Vatikan mengatakan operasi itu dengan cara khusus.

Statement itu tidak merinci apakah ketetapan untuk mengangkut bagian dari usus besar sudah didapat saat sebelum ataupun sepanjang operasi.

Operasi yang dijadwalkan

untuk gejala stenosis divertikular usus besar, sesuatu kondisi di mana kantong menonjol dari susunan otot usus besar, buatnya menjadi sempit seperti dilansir Reuters melalui Antara.

Tidak hanya menimbulkan rasa sakit, kondisi yang lebih kerap terjadi pada orang berumur itu bisa menimbulkan kembung, peradangan, serta kesusahan buang air besar. (aro)

Sponsored Content
Back to top button