Headline

Usai Mudik Lebaran, Muncul 800 Klaster Covid-19 di Jakarta

INDOPOSCO.ID – Dinas Kesehatan Jakarta melaporkan, banyak klaster penularan virus corona bermunculan setelah libur Leraban 2021. Tercatat ada 800 klaster menyumbang kasus Covid-19 di Ibu Kota.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, ratusan klaster tersebut mempunyai riwayat perjalanan ke luar kota pada masa libur Lebaran.

“Kalau yang 800-an itu yang punya Riwayat perjalanan luar kota masa libur lebaran. Kemudian akibat kegiatan silaturahmi,” kata Dwi Oktavia di Jakarta, Kamis (10/6/2021).

Dari klaster tersebut diperkirakan ada 1.400 orang terpapar virus corona. Sebagian ada yang sudah sembuh dan masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit rujukan Covid-19.

“Tentu sama prosesnya ada yang masih aktif (klaster), ada yang sudah selesai , tergantung kapan dia teridentifikasi dan kemudian isolasi. Sehingga bisa diputus rantai penularan,” tutur Dwi.

Jumlah klaster Covid-19 itu masif, sehingga berkontribusi dengan catatan kasus positif Covid-19. Terbukti, 800 klaster tersebut berada di seluruh 5 kota administrasi Jakarta.

“Iyah ada di semua kota (Jakarta Barat, Timur, Utara, Pusat, dan Selatan,” beber Dwi.

Kapasitas testing terus ditingkatkan dan capaiannya dalam beberapa waktu di atas standar Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), yaitu 1 : 1000 populasi per minggu.

“Kalau saya rasa testing DKI sudah cukup optimal karena dari awal kita Covid-19 tahun 2020, komitmen kita kapasitas testing itu digenjot naik terus dan dipertahankan,” ujarnya.

Provinsi DKI Jakarta menjadi salah satu provinsi penyumbang kasus Covid-19 terbanyak. Tercatat pada, Rabu (9/6/2021) sebanyak 1.376 kasus baru, 1.112 pasien sembuh dan 14 orang meninggal akibat virus corona. (dan)

Sponsored Content
Back to top button