Nusantara

Usaha Gulung Tikar, Pria Ini Banting Setir untuk Lunasi Utangnya

INDOPOSCO.ID – Pandemi membawa sejuta cerita. Banyak masyarakat terdampak secara ekonomi, tidak sedikit usaha gulung tikar. Salah satunya dialami oleh Bowo Cahyono Nugroho. Pria kelahiran Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini harus berurusan dengan para penagih hutang (Debt collector).

“Usaha jual beli motor dan taksi online gulung tikar. Modal usaha bersama menyebabkan saya terlilit utang hingga Rp500 juta,” beber Bowo kepada INDOPOSCO.ID, Kamis (25/2/2021).

Setiap waktu Bowo mengaku diteror oleh para penagih utang. Hal itu menyebabkan Bowo frustasi dan stress. Tidur pun tidak nyenyak, bahkan muncul gejala yang dia rasakan serupa dengan penderita Covid-19.

“Sempet muncul gejala, saya berpikir kena Covid-19. Kan, kasihan kalau saya Covid-19 terus meninggal. Utang masih banyak. Kan kasihan keluarga, siapa yang mau bayar utang,” katanya.

Berangkat dari kondisi itulah Bowo berusaha bangkit. Ia berusaha belajar dari teman-temannya yang hanya berjualan makanan siap saji secara online. Bowo pun berusaha belajar dari literatur di media sosial.

“Saya belajar dari teman berjualan makanan siap saji secara online. Usaha warung juga gulung tikar. Awal usaha teman hanya berjualan 30 porsi dan ludes terjual. Kemudian porsi naik menjadi 50 dan kini bisa melayani pelanggan hingga 100 porsi,” terangnya.

Ia mengatakan, banyak pengalaman yang dia peroleh dari sahabat itu. Bahwa, untuk memulai usaha tidak harus memiliki tempat dan modal yang banyak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button