Nasional

UNJ Tingkatkan Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik Lembaga Pendidikan Kemaritiman dan Kelautan

INDOPOSCO.ID – Sebagai rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali mengadakan seminar nasional pada hari Kamis (27/5/2021). Kegiatan tersebut bertemakan “Strategi Pendidikan Maritim dalam Pengembangan SDM Unggul pada Masyarakat Pesisir”.

“Sebagai Negara Kepulauan yang memiliki laut yang luas dan garis pantai yang panjang, pengembangan SDM (sumber daya manusia) di bidang pendidikan maritim dan kelautan menjadi sangat strategis bagi Indonesia ditinjau dari aspek ekonomi dan lingkungan, sosial-budaya, hukum dan keamanan,” ujar Rektor UNJ Prof. Komarudin dalam keterangan, Jumat (28/5/2021).

Selama ini, menurut dia, pengembangan dan perhatian pada pendidikan kelautan masih kurang mendapat perhatian serius bila dibandingkan dengan pendidikan di sektor lain. Menanggapi kondisi tersebut, UNJ sebagai perguruan tinggi yang fokus terhadap pendidikan berkeinginan untuk berkontribusi terhadap negara.

“Konsep kami dalam beberapa konsep strategis yang berkaitan dengan strategi pendidikan maritim menuju Indonesia Unggul yang mampu menjawab tantangan nasional maupun global,” katanya.

Lebih jauh, Komarudin mengungkapkan, kontribusi utama yang bisa diberikan oleh UNJ adalah peningkatan kualifikasi dan kompetensi pendidik pada lembaga pendidikan kamaritiman dan kelautan baik pendidik pada perguruan tinggi maupun SMK. Selain itu juga, UNJ memiliki tanggung jawab dalam pemberdayaan masyarakat pesisir dan pulau-pulau terpencil.

“Kegiatan kami melalui kegiatan riset dan pengabdian masyarakat yang langsung menyentuh dan meningkatkan kesejahteraan mereka melalui kegiatan yang mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan jiwa kewirausahaan secara nyata,” ungkapnya.

Perlu diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut, sederet tokoh maritim dan kelautan nasional, pejabat pengambil kebijakan dan akademisi seperti Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan, Sjarief Widjaja, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, Rektor Institut Pertanian Bogor, Arif Satria dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNJ, Ucu Cahyana. (ibs)

Sponsored Content
Back to top button