Internasional

Uni Eropa dan ASEAN Sepakat Kerjasama Tanggulangi Sampah Plastik

INDOPOSCO.ID – Uni Eropa (EU) menyambut baik adopsi Rencana Aksi Nasional untuk penanganan sampah plastik di laut kawasan ASEAN dan menegaskan komitmen untuk memperkuat kerja sama antar-kawasan dalam pengarahan menuju ekonomi sirkular terkait plastik.

Pernyataan tersebut dikatakan oleh Duta Besar Uni Eropa untuk Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) Igor Driesmans dalam acara peluncuran ASEAN Regional Action Plan for Combating Marine Debris in the ASEAN Member States dari Jakarta, Jumat (28/5/2021).

Dia pun menekankan pentingnya penerapan konsep ekonomi yang berkelanjutan, yang juga dikenal sebagai ekonomi sirkular (circular economy).

Berita Terkait

“Ekonomi sirkular kerap dianggap sebagai langkah untuk mengelola sampah dan daur ulang, namun konsep ini mencakup lebih banyak dari itu,” ujar Driesmans seperti dikutip Antara.

Menurutnya, ekonomi sirkular juga fokus pada penambahan nilai dari sumber-sumber dan bahan-bahan yang ada, yang pada saat yang bersamaan juga menangani masalah siklus kehidupan plastik dan masalah sampah laut di hilirnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button