Ekonomi

UMKM Menjerit Terdampak PPKM Darurat, Pengamat: Pemerintah Harus Berikan Insentif

INDOPOSCO.ID – Pelaku usaha mikro, kecil dan menegah (UMKM) kuliner paling terdampak penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat.

Pernyataan tersebut diungkapkan Pengamat UMKM dari Indigo Network Masbukhin Pradhana dalam keterangan, Senin (19/7/2021).

Kondisi tersebut, menurut dia, akan semakin parah apabila pemerintah kembali memperpanjang kebijakan PPKM Darurat.

“Pelaku usaha kuliner paling terdampak PPKM Darurat dan ini bisa semakin parah dengan perpanjangan kebijakan itu,” katanya.

“Jadi, pemerintah harus memberikan berbagai insentif atau bantuan kepada para pelaku usaha kuliner. Karena omset mereka terjun payung, setelah Idulfitri mulai naik,” imbuhnya.

Di tengah kondisi sulit saat ini, dikatakan Sekjen Asosiasi Pengusaha Kuliner Indonesia (Apkulindo) ini, pelaku UMKM tetap mematuhi aturan PPKM Darurat. Karena, kebijakan tersebut bertujuan untuk menekan laju penularan Covid-19.

“Bagi pelaku UMKM saat ini sangat berat, tetapi mereka tetap mendukung penerapan PPKM Darurat, harapannya jika pandemi berakhir, pemulihan ekonomi bisa berjalan baik,” katanya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Umum Apkulindo DKI Jakarta Rifqi Mohamad Amiruddin Syaukani. Ia mengatakan, pemerintah harus memberikan solusi berupa insentif untuk para karyawan di sektor UMKM kuliner.

“Harus ada solusi berupa kompensasi bagi karyawan UMKM. Karena UMKM mengikuti anjuran pemerintah untuk mengurangi wabah,” katanya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button