Nasional

UMKM Adalah Tulang Punggung dari Negeri Ini

INDOPOSCO.ID – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyebutkan, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan tulang punggung dari negera Indonesia.

Sebab, Indonesia telah mengalami krisis keuangan pada 1998 hanya terjadi pada korporasi. Dengan UMKM, kondisi negara berangsur pulih dan membaik.

Namun kali ini, serangan Pandemi Covid-19 bukan hanya krisis pada sektor ekonomi saja, melainkan manusianya sendiri juga.

“Tugas Koperasi UMKM tugasnya sangat berat, kalau 1998 krisis moneter keuangan, karena korporasi yang terdampak. Kalau ini UMKM yang terdampak. UMKM adalah tulang punggung dari negeri ini,” katanya, Jumat (3/9/2021).

Atas kondisi itu, BUMN berintropeksi diri untuk membangun negeri. Meskipun selama 10 tahun terakhir BUMN berkontribusi Rp3.290 triliun kepada negara berupa pajak, devident, pajak dan lainnya.

“Sejak krisis ini terjadi, kita mentrasformasi diri kita sendiri. BUMN tidak menjadi menara gading, tapi harus dekat dengan UMKM, harus dekat dengan rakyatnya,” ungkapnya.

Sejauh ini, BUMN telah meluncurkan padi UMKM. Tercatat sudah ada 130 ribu banyaknya transaksi, dengan 9.600 UMKM. Dengan nilai transaksi Rp10,3 triliun sampai Agustus 2021.

“Jadi saya sangat berharap kerjasama ini bisa ditingkatkan,” ujarnya.  (son)

Sponsored Content
Back to top button