Megapolitan

Umat Muslim Bekasi Diminta Pahami Pembatalan Haji

INDOPOSCO.ID – Umat muslim di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) diminta memahami kebijakan pemerintah pusat yang membatalkan pemberangkatan jamaah haji pada 2021. “Kami berharap kepada para jamaah menerima keputusan tersebut,” kata Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat (Jabar) Sopian di Cikarang, Senin (7/6/2021).

Dia menjelaskan, pemerintah memutuskan untuk kembali menunda pemberangkatan jamaah haji ke Tanah Suci pada 2021 karena mengedepankan keselamatan jamaah haji dari penularan Covid-19, yang saat ini masih mewabah di berbagai negara termasuk Indonesia. “Pemerintah mengeluarkan kebijakan ini karena mengedepankan keselamatan,” tandasnya.

Sopian meminta warga tidak khawatir soal keamanan biaya perjalanan ibadah haji yang sudah mereka setorkan. “Masalah biaya jangan takut, kalau mau diproses diambil, monggo. Kami siap melayani sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ujarnya dilansir Antara.

Ia mengemukakan bahwa semula Kabupaten Bekasi mendapat kuota memberangkatkan 2.207 orang pada 2021. Menurut dia, sampai sekarang belum ada calon haji yang menyampaikan keluhan perihal keputusan pemerintah membatalkan pemberangkatan jamaah ibadah haji tahun ini.

Sopian yakin jamaah calon haji menyadari bahwa pemerintah memutuskan untuk menunda pemberangkatan jamaah haji demi keselamatan jamaah.

Kanwil Kemenag Kabupaten Bekasi, lanjut dia, sudah menyampaikan informasi mengenai kebijakan tersebut kepada jamaah calon haji. “Selain dari sosialisasi, mereka sudah tahu informasi ini sendiri dari media dan juga medsos, mereka memahami juga ibadah merupakan panggilan. Satu orang sudah lunas biayanya tetapi kalau Allah SWT belum memanggil bisa saja tidak berangkat,” katanya. (aro)

Sponsored Content
Back to top button