Nasional

Ulama dan Khotib Turut Edukasi Umat Taat Prokes

INDOPOSCO.ID – Pemerintah terus menggenjot program vaksinasi nasional untuk mewujudkan herd imunity. Salah satunya dengan melibatkan peran tokoh agama.

Sekretaris Bidang Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Saeful Bahri mengatakan, Islam Kebangsaan adalah corak Islam moderat dan wasathiyah yang berupaya untuk membumikan Ajaran Islam Rahmatan Lil Alamin.

“Dengan cara menguatkan pandangan terkait Islam yang “Shalil likulli zaman wa makan” sehingga menghasilkan ajaran Islam yang solutif, memberikan kemudahan dan dapat di implementasikan dengan baik pada setiap kondisi keadaan,” ujar Saeful Bahri dalam acara daring, Sabtu (31/7/2021).

Ia mengatakan, keterkaitan regulasi pemerintah dengan syariat Islam dalam membentuk peraturan di Indonesia tidak melanggar hukum perundang-undangan itu sendiri dan nilai-nilai keagamaan atau syariat Islam.

“Khotib harus memberikan pemahaman dalam dakwahnya untuk mengimplementasikan dan mensosialisasikan program pembangunan nasional dalam bidang keagamaan dan kemasyaraktan terutama dalam menanggulangi pandemi Covid-19,” terangnya.

Hal yang sama diungkapkan, Pengasuh Ma’had Arrohimiyyah Cengkareng dan Serang KH M Ishom El Saha. Dia mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 para khotib perlu memakai kaidah ushul fiqih yaitu “Maa laa yudraku kulluh laa yudroku kulluh”.

“Jadi dalam menjalankan ibadah, tidak perlu untuk meninggalkan seluruhnya, akan tetapi dengan menyesuaikan kondisi yang ada, seperti memperbolehkan sholat Jumat dengan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yaitu menjaga jarak dan memakai masker,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button