Headline

Ucapan Bela Sungkawa Berdatangan Menyusul KRI Nanggala-402 Dinyatakan Tenggelam

INDOPOSCO.ID – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan pihaknya memastikan kapal selam KRI Nanggala-402 yang sempat hilang kontak sejak beberapa hari lalu mengalami subsunk alias tenggelam.

“KRI Nanggala dinyatakan subsunk alias tenggelam di perairan utara Bali . Hal ini berdasarkan sejumlah bukti otentik yang kami temukan. Seperti adanya tumpahan minyak dan ditemukannya sejumlah barang yang tidak dimiliki oleh masyarakat umum. Sehingga diyakini KRI Nanggala diisyaratkan dari submis menjadi subsunk (tenggelam). Di mana pada fase subsunk nanti akan kita siapkan evakuasi medis kepada ABK yang kemungkinan masih sehat. kita proses berikutnya,” ujar Yudo , Sabtu (24/4/2021).

Kapal selam KRI Nanggala hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) sekitar pukul 04.00 WITA atau 03.00 WIB. Dalam hitungan cadangan oksigen yang dimiliki oleh kapal selam itu telah mencapai batasnya pada Sabtu (24/4) pukul 03.00 WIB.

Kapuspen TNI, Mayjen Achmad Riad, menyatakan dalam operasi pencarian itu, pihaknya mengerahkan sebanyak 21 KRI, termasuk kapal selam KRI Alugoro-405 dan KRI Rigel.

Selain itu, pencarian juga dibantu beberapa kapal dari Polri dan Basarnas, serta dari beberapa negara lain seperti Singapura, Malaysia, Australia dan India.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button