Nusantara

Ubah Image Kumuh, SMAN 1 Cibadak Banten Ciptakan Lingkungan Asri

INDOPOSCO.ID – Pembelajaran jarak jauh atau belajar daring akibat dari Pandemi Covid 19 dimanfaatkan oleh kepala sekolah SMAN 1 Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten, Hj Iva Havidania S.Pd. M.Pd mempercantik gedung sekolah.

Program tersebut dilakukan agar ketika pembelajaran tatap muka (PTM) dilakukan saat ini, para siswa kaget dengan suasana sekolah yang terlihat lebih indah, rapi, asri dan menyenangkan bagi tenaga pendidik dan anak didik untuk berlama lama di sekolah.

Indoposco yang berkunjung ke sekolah tersebut sempat terkejut melihat perubahan drastis sekolah yang dulunya terkesan jorok, banyaknya kusen ruangan kelas yang lapuk, serta gedung sekolah dipenuhi tumbuhan rumput liar, kini tampak asri dan kinclong. Bahkan, dinding ruangan kepala sekolah juga dilapisi wallpapper warna kuning gading.

Lobi sekolah dulunya kosong melompong, kini telah disulap menjadi ruangan tunggu tamu yang tak kalah cantik dengan ruangan tamu perkantoran, lengkap dengan sofa dan kursi. Disudut ruangan juga diletakan dua lemari kaca besar untuk memajang berbagai piala prestasi para murid SMAN 1 Cibadak.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Cibadak, Iva Havidania mengungkapkan, kegiatan mempercantik sekolah ini dilakukan agar ketika para siswa kembali ke sekolah setelah lama belajar secara daring, merasa nyaman sehingga mereka bisa betah berlama-lama di sekolah.

“Sekolah buat saya adalah rumah kedua.Yaitu, selain tempat bekerja,juga sekalgus tempat refreshing,sehingga murid dan guru juga menjadi betah berada di sekolah, dan membawa kesan baik setiap orang yang berkunjung ke sekolah ini,” terang Iva mantan kepsek SMAN 1 Rangkasbitung ini kepada indoposco, Rabu (15/9/2021).

Ia mengatakan, tujuan mempercantik gedung sekolah SMAN 1 Cibadak adalah untuk menjadikan SMAN 1 Cibadak menjadi sekolah ramah anak serta sekolah yang menyenangkan.

Tak hanya mempercantik gedung dan pagar sekolah, namun saat ini sekolah juga mempekerjakan petugas security yang ramah sesuai SOP (standar opetasioal) Satpam yang akan melayani setiap tamu yang datang ke sekolah. Bahkan, kini SMAN 1 Cibadak juga dilengkap dengan gazebo yang bisa digunakan oleh siswa dan guru untuk diskusi.“Gazebo ini bisa digunakan untuk diskusi para siswa dan guru,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan iman dan taqwa di lingkungan sekolah, pihaknya juga melakukan pemugaran mushola sekolah, sesuai dengan misi sekolah untuk menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama dan budi pekerti dalam kehidupan sehari hari.

Akses jalan ke sekolah yang terletak di jalan raya Malabar Desa Pasar Keong, Kecamatan Cibadak yang dulunya rusak parah, kini juga sudah mulus dengan jalan menggunakan konstruksi betonisasi oleh Pemkab Lebak, sehingga terlihat sangat cocok dengan kondisi sekolah saat ini.

“ Dulu sebelum kepala sekolah yang sekarang, sekolah ini sangat kumuh dan ditambah lagi akses jalannya menuju sekolah rusak parah, sehingga banyak wali murid dulunya enggan untuk menyekolahkan anaknya ke SMAN 1 Cbadak ini,” ungkap Rohman, seorang wali murid yang tinggal tak jauh dari sekolah itu,

“Dulunya SMAN I Cibadak ini dikenal sebagai sekolah kumuh dan menjadi sekolah ‘buangan’. Kalau mereka tidak diterima di SMAN 1, SMAN 2 dan 3 Rangkasbitung, larinya banyak yang ke SMAN 1 Cibadak,” sambung Rohman.

Kepala Bidang (Kabid) SMA Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten, Lukman mengaku terkejut dan sangat apresiasi atas kecepatan pihak sekolah menyulap SMA 1 Cibadak yang dulunya memiliki kesan kumuh, kini menjadi sekolah yang rapi, asri dan menyenangkan.”Kami berharap, sekolah sekolah lainnya dapat mencontoh keberhasilan SMAN 1 Cibadak mempercantik gedung sekolah, sehingga membuat murid menjadi betah berada di sekolah,” ujar Lukman. (yas)

 

Sponsored Content
Back to top button