Internasional

Turki Perkenalkan Karahantepe Sebagai Proyek Warisan Neolitikum

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Turki bersama Badan Promosi dan Pengembangan Pariwisata Turki (TGA) memperkenalkan Karahantepe sebagai salah satu situs yang termasuk di proyek Tas Tepeler.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Republik Turki Mehmet Nuri Ersoy, mengatakan bahwa situs dan penggalian termasuk di Karahantepe akan mengungkapkan kontribusi penting Anatolia bagi sejarah manusia.

“Dalam beberapa hari mendatang, penggalian akan dimulai di gundukan pemukiman Ayanlar, Yogunbur, Harbetsuvan, Kurttepesi dan Taslitepe, sebagai bagian dari fase pertama Proyek Penelitian Neolitik Sanliurfa yang akan berlangsung antara 2021-2024,” ucap Menteri Ersoy seperti dikutip Antara, Sabtu (24/9/2021).

“Pengukuran geomagnetik dan pengukuran radar penembus tanah telah dilakukan di beberapa daerah ini. Pengukuran ini akan berlanjut secara paralel dengan penggalian. Ini adalah proyek yang signifikan dengan konten yang luar biasa dan hasil yang mengesankan,” lanjutnya.

Menteri Ersoy menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan para pengelola kebutuhan seperti 12 institusi dan organisasi, termasuk 8 universitas di Turki dan internasional. Ia berkata pihaknya juga sangat terbuka untuk menyambut para peneliti dan institusi lain di dunia untuk berasosiasi di proyek ini.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button