Nasional

Tunjukkan Kinerja Baik di Masa Pandemi, Dua Kantor Bea Cukai Terima Penghargaan

INDOPOSCO.ID – Dua kantor Bea Cukai menerima penghargaan dari pihak eksternal berkat kinerja yang baik. Penghargaan tersebut diberikan oleh Komisi XI DPR RI yang mengapresiasi kinerja Bea Cukai Soekarno-Hatta Kantor Wilayah (Kanwil) dan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan kepada Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel).

Selama tahun 2020, Bea Cukai Soekarno-Hatta menjadi salah satu instansi pemerintah yang turut aktif berkontribusi menanggulangi pandemi. Kinerja maksimal dalam memberikan pelayanan dan fasilitas terhadap impor alat kesehatan dan penanggulangan Covid-19 dinilai Anggota Komisi XI DPR RI Ir. H. Kamrussamad, S.T., M.Si., patut diberikan apresiasi dan diacungi jempol.

Kepala Kantor Bea Cukai Soekarno-Hatta, Finari Manan, pada Selasa (6/4/2021) mengatakan Kamrussamad dalam kunjungannya pada tanggal 1 April 2021 lalu mengungkapkan ketertarikannya pada fakta di lapangan bahwa kinerja Bea Cukai Soekarno-Hatta yang seakan-akan tidak terpengaruh pandemi Covid-19. Justru sebaliknya, Bea Cukai Soekarno-Hatta berhasil menciptakan layanan inovatif yang cepat dapat diterapkan dan sangat bermanfaat bagi pengguna jasa dan masyarakat.

“Di kesempatan tersebut kami menjelaskan kepada Bapak Kamrussamad bahwa kami dapat mempertahankan performa kami selama pandemi berkat dukungan tim liaison officer (LO) Covid-19 dan Aplikasi SIAP TERBANG, yang merupakan layanan andalan Bea Cukai Soekarno-Hatta, sebagai respon adaptif selama pandemi,” ujar Finari.

Menurutnya, Tim LO dibentuk dengan tujuan agar memudahkan proses impor barang bantuan medis dan penanggulangan Covid-19, berupa pendampingan dari petugas Bea Cukai kepada pengguna jasa dimulai asistensi persiapan administrasi barang impor, pelaksanaan percepatan layanan hingga barang tersebut keluar. Sedangkan untuk Aplikasi SIAP TERBANG, merupakan aplikasi layanan pertukaran data dan dokumen kepabeanan yang dapat diakses secara daring melalui komputer atau gawai masing-masing tanpa harus datang secara langsung ke kantor.

Tak hanya menciptakan inovasi dalam menanggulangi pandemi, Bea Cukai Soekarno-Hatta juga menurut Finari bisa mencapai target penerimaan yang diberikan. Dari target penerimaan yang dibebankan sebesar 4,59 triliun rupiah, Bea Cukai Soekarno-Hatta berhasil mengumpulkan 5 triliun rupiah atau mencapai 109,15 persen dari target.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button