Nusantara

Triwulan Pertama 2021, Polres Serang Kota Ungkap 35 Kasus Narkoba

INDOPOSCO.ID – Dalam triwulan pertama tahun 2021, Polres Serang Kota berhasil mengungkap 35 kasus peredaran narkoba. Adapun barang bukti yang berhasil disita 45 gram sabu, 1 kilogram tembakau gorila, 7 gram tembakau mole, 10 gram kanamiroid campuran untuk membuat tembakau gorila, 4900 butir obat keras dan 7 gram ganja.

Kasat Narkoba Polres Serang Kota Iptu Shilton mengatakan, pengungkapan itu dari hasil penangkapan kasus dari bulan Januari hingga Maret 2021. Sebanyak 51 tersangka yang melakukan transaksi barang haram di wilayah Serang ditangkap.

“Kami mengamankan 51 tersangka, 45 orang pengedar. Pengedar ini punya daerah masing-masing, ada di Pabuaran, Keramat. Ada 1 orang produsen industri,” katanya saat ekspose, Rabu (31/3/2021).

Ia menerangkan, tembakau gorila yang paling banyak disalahgunakan terutama para pemuda. Berdasarkan hasil introgasi, pengedar lebih banyak menyasar pelajar dan remaja dengan menjual melalui media sosial.

“Tahun ini banyak eksis tembakau gorila, banyak pengguna remaja. Orang tua harus lebih peduli pada anaknya, yang diserang anak sekolah. Berlanjut dari pemakai umur 20 tahun bisa produksi sendiri. Untuk tembakau gorila, baik pengguna maupu pengedarnya remaja,” terangnya.

Dari modal Rp10 juta, para tersangka dapat meraup keuntungan hingga Rp40 juta dari penjualan tembakau gorila. Pengolahan dilakukan di rumah. Sementara bahan baku dibeli dari Sumatera.

“Untuk home industri ini dengan modal Rp10 juta sampai Rp12 juta bisa meraih keuntungan Rp40 juta termasuk modal. Barang dijual dengan 3R (Rp300 ribu), 5R (Rp500 ribu),” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button