Nasional

Transplantasi untuk Dukung Pertumbuhan Terumbu Karang Alami

INDOPOSCO.ID – Transplantasi terumbu karang perlu dilakukan untuk menyokong pertumbuhan ekosistem terumbu yang masih sehat secara alami, menurut pakar kelautan IPB University Hawis Madduppa.

“Perlu ada inisiasi dari manusia untuk melakukan percepatan atau mendukung dari pertumbuhan karang alami,” kata Hawis dalam diskusi soal transplantasi terumbu karang oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (Kehati) yang dipantau dari Jakarta seperti dikutip Antara, Selasa (8/6/2021).

Hal itu perlu dilakukan karena sebagian besar terumbu karang di Indonesia kini mengalami kondisi tertekan, terutama di wilayah bagian baratnya, karena overfishing atau pengambilan ikan secara berlebihan maupun polusi.

Padahal, Indonesia menjadi pusat kawasan Segitiga Terumbu Karang tempat 76 persen terumbu karang dunia berada dan menjadi lokasi 37 persen spesies ikan dunia.

Karang sendiri memiliki pertumbuhan alami sangat lambat dan membutuhkan puluhan bahkan ratusan tahun untuk menjadi rumah bagi ikan dan biota lain.

“Penelitian kami memperlihatkan bahwa transplantasi karang ini bisa memperbaiki terumbu karang dan ada berbagai kriteria yang memang perlu dipertimbangkan. Tidak semua lokasi bisa menjadi lokasi transplantasi,” jelas akademisi dari Departemen Ilmu dan Teknologi Kelautan IPB itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button