Headline

Total Pelaku Pungli di Pelabuhan Priok Tembus 49 Orang

INDOPOSCO.ID – Pihak kepolisian meringkus para pelaku pungutan liar, yang sering meresahkan sopir truk di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Total ada 49 orang yang diamankan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus mengatakan, para pelaku tersebut memiliki peran dengan kelompoknya pada pos masing-masing. “Dari ruang lingkup Polres Jakarta Utara mengamankan 42 orang dan Polres Pelabuhan Tanjung Priok 7 orang,” kata Yusri Yunus di Mapolres Metro Jakarta Utara, Jumat (11/6/2021).

Ia merinci, dari 49 pelaku itu Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara menangkap sebanyak 28 pelaku di dua perusahaan, yakni PT DKM dan PT GFC.

Sementara itu, 14 lainnya tertangkap tangan melakukan aksi pungli di jalanan sekitaran Pelabuhan Tanjung Priok. “Kemudian dari Polsek Cilincing enam pelaku dan Polsek Tanjung Priok ada delapan pelaku,” beber Yusri.

Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Priok kemudian menangkap tujuh pelaku pungli di Tanjung Priok. Para pelaku pungli itu tersebar di beberapa titik atau dikenal dengan pos yang berada di sepanjang jalan menuju Pelabuhan.

Mereka masing-masing meminta uang dari para sopir truk kontainer yang lewat. “Saya ambil contoh ada 5 pos ya. Di pos 1 fortun saja di pintu masuk security harus bayar Rp 2.000,” ungkapnya.

Kemudian pos 2 masuk, biayanya masuk lagi Rp 2000. Masuk ke pos 3, itu harus bayar Rp 2.000 – Rp 5.000. “Ini saya ambil kecilnya karena kalau siang itu beda dengan malam, pengawasan siang lebih ketat,” tandas Yusri. (dan)

Sponsored Content
Back to top button