Internasional

Tiongkok Bantah Keterlibatan Beijing di Kudeta Militer Myanmar

INDOPOSCO.ID – Duta Besar Tiongkok untuk Myanmar Chen Hai menepis rumor yang beredar di media sosial tentang keterlibatan negaranya dalam kudeta militer Myanmar dengan menyebutnya “benar-benar tidak masuk akal”.

Dalam wawancara dengan media lokal yang diunggah dalam laman Facebook kedutaan seperti dikutip Antara, Selasa (23/2/2021), Chen mengatakan bahwa Tiongkok mempertahankan “hubungan baik” dengan militer maupun pemerintah sipil yang berkuasa sebelumnya. Ia menambahkan bahwa gejolak politik di Myanmar saat ini “sama sekali bukan yang ingin dilihat oleh Tiongkok”.

Beberapa unjuk rasa terhadap kudeta yang menarik ratusan ribu orang turun ke jalan dalam beberapa hari terakhir telah terjadi di luar Kedutaan Besar Tiongkok di Yangon, dan pengunjuk rasa menuduh Beijing mendukung junta militer.

Duta besar itu menyebut rumor yang beredar di internet tentang pesawat yang membawa personel teknis dan pasukan Tiongkok ke Myanmar adalah tidak masuk akal, dan mengatakan bahwa pesawat itu merupakan penerbangan kargo reguler yang mengekspor barang seperti makanan laut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button