Ekonomi

Tingkatkan Kualitas Pelayanan, Bea Cukai Survei Kepuasan Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Bea Cukai secara kontinyu berupaya meningkatkan kualitas pelayanan yang salah satu indikatornya diukur melalui pelaksanaan survei. Di tahun 2020, telah dilaksanakan beberapa survei antara lain survei terkait kepuasan masyakarat yaitu survei kepuasan pengguna jasa (SKPJ) dan survei kepuasan pengguna layanan (SKPL), serta satu survei terkait intergritas yaitu survei penilaian integritas (SPI).

Direktur Kepatuhan Internal Bea Cukai, Agus Hermawan, menyatakan “secara ringkas, hasil dari survei tersebut di atas menunjukkan bahwa responden Bea Cukai memiliki tingkat kepuasan yang tinggi atas layanan yang telah diterima, sebagaimana hasil SKPJ dengan indeks 4,51 (skala 5) dan indeks SKPL sebesar 4,62 (skala 5). Selain itu, hasil SPI Tahun 2020 menunjukkan Indeks Integritas SPI sebesar 86,02 yang artinya Bea Cukai termasuk dalam kategori organisasi dengan risiko rendah.”

Survei kepuasan pengguna jasa dilakukan secara mandiri oleh Direktorat Kepatuhan Internal terhadap unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Unit kerja yang dilakukan survei yaitu 3 direktorat di lingkungan Kantor Pusat Bea Cukai, 20 Kantor Wilayah, 3 Kantor Pelayanan Utama, 104 Kantor Pengawasan dan Pelayanan, dan 3 Balai Laboratorium Bea dan Cukai. Secara keseluruhan, indeks Survei Kepuasan Pengguna Jasa Direktorat Jenderal Bea Cukai tahun 2020 yaitu sebesar 4,51, meningkat 0,3 dari tahun sebelumnya sebesar 4,21. Survei tersebut diikuti oleh responden sebanyak 3.644 orang.

Pada tahun 2020, kerja sama survei SKPL Kementerian Keuangan dilakukan dengan Universitas Padjadjaran. Sebagai unit kerja di Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja pelayanan publik sebagai upaya untuk mengubah budaya organisasi yang berorientasi pelayanan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button