Nasional

Tingkatkan Ketahanan Pangan, PTPN akan Sulap Pisang Jadi Beras

INDOPOSCO.ID – PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI fokus mengembangkan produktivitas ketahanan pangan. Salah satunya, pengolahan pisang akan disulap menjadi beras pisang.

Direktur PTPN XI, R Tulus Panduwidjaja mengatakan, dalam situasi pandemi peningkatan produksi ketahanan pangan tetap fokus dilakukan. Hal itu untuk mendukung program ketahanan pangan melalui core business yakni gula dan pengembangan potensi yang ada di PTPN XI, termasuk beras pisang yang dikembangkan Puslit Sukosari.

Menurutnya, pisang yang merupakan komoditas unggulan Lumajang, dapat ditingkatkan nilai ekonominya menjadi beras pisang yang tidak hanya dapat dikonsumsi, tetapi juga bergizi.

“Kami yakin ini menjadi salah satu komoditas yang menjadi solusi bagi masalah pangan di negeri ini, terlebih bagi kabupaten Lumajang daerah penghasil pisang Jawa Timur,” katanya, Kamis (22/07/2021).

Sementara itu, Manajer Penelitian Puslit Sukosari Lumajang, Nanik Tri Ismadi menyebutkan, dari hasil analisa salah satu laboratorium milik Universitas Negeri di Jember, beras pisang memiliki kandungan serat empat kali lebih banyak bila dibanding beras padi. Selain itu juga memiliki kandungan protein dan lemak, dan serat yang baik untuk pencernaan.

“Pisang di sini banyak dan turun harganya bila sudah lama dan tidak sedikit yang terbuang karena rusak tidak laku. Untuk itu kami tawarkan konsep olahan menjadi beras pisang sehingga nilai ekonominya bisa terangkat, juga bisa untuk pengganti beras padi,” paparnya.

Menurut hasil analisa, perbandingan kandungan beras padi dengan beras pisang masing-masing adalah persentasenya serat 0,48 dan 2,05, persentase lemak 2,68 dan 2,44 dan persentase protein 7,39 dan 3,27.

Beras pisang merupakan produk olahan dari buah pisang segar yang sudah tua, tetapi belum matang diolah dengan sistem pemanasan, penghancuran dan pengeringan. Selanjutnya menghasilkan bahan makanan pokok yang masih mempunyai nilai keunggulan pisang, yakni buah dengan kadar serat pangan tinggi.

“Jenis pisang yang paling cocok digunakan untuk membuat beras pisang adalah pisang Berlin, Emas, Moseng, Triolin dan pisang kepok Bali. Ke depan akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan beras pisang dan olahan pisang lainnya,” jelasnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button