Nusantara

Tingginya Pasien Isoman Jadi Penyebab Kota Serang Masih Zona Oranye

INDOPOSCO.ID – Kota Serang menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Banten yang masih berada di zona oranye penyebaran Covid-19. Sementara tujuh kabupaten kota lainnya sudah berada di zona kuning.

Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang Ratu Ani Nuraeni mengatakan, salah satu penyebab Kota Serang bertahan di zona oranye lantaran pasien isolasi mandiri (Isoman) yang masih banyak.

Dalam catatannya, hingga kini masih ada 407 pasien isoman yang dipantau tenaga kesehatan di rumah.

anymind

“Jadi isoman masuk kategori dirawat. Masih banyak di kita, 407 saudara kita isoman,” katanya, Jumat (3/9/2021).

Ia menerangkan, pendataan antara Kota Serang dan Provinsi Banten mengalami perbedaan. Pasien isoman dalam data provinsi masuk kategori pasien dirawat.

“Kalau di provinsi isoman itu masuknya dirawat. Sebenarnya itu pasien isoman,” terangnya.

Sejauh ini, tenaga kesehatan masih gencar melakukan tracing kepada pasien isoman. Meskipun saat ini sedang sibuka divaksin dosis ketiga dan memvaksinasi siswa serta masyarakat umum.

“Teman-teman masih melakukan tracing yang isoman. Khawatir karena nakes sedang sibuk divaksin, memvaksinasi belum terlaporkan yang sembuh-sembuh,” ujarnya.

Ia mengklaim, pasien yang dirawat di rumah sakit mengalami penurunan cukup signifikan. Namun, pihaknya mengaku tidak hapal mengenai data dan jumlahnya.

“Kalau di rumah sakit sudah meurun. Sudah berkoordinasi dengan RS swasta maupun punya pemerintah,” jelasnya. (son)

Sponsored Content
Back to top button