Nasional

Timbulan Sampah 67,8 Juta Ton di 2020, Menteri LHK: Pengelolaan Sampah Semakin Berat

INDOPOSCO.ID – Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar mengatakan, masalah sampah menjadi tanggung jawab bersama. Dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat.

“Kami tidak bisa bekerja sendiri. Karena sampah bersumber dari segala tempat, seperti rumah tangga, industri dan pasar,” ujar Siti Nurbaya Bakar dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021, Senin (22/2/2021).

Ia menegaskan, sampah menjadi masalah serius. Sehingga, pengelolaan sampah harus ditangani secara terus menerus. Apalagi, masalah sampah semakin kompleks. “Pengerjaan sampah semakin berat, apalagi jumlah timbulan sampah yang ada semakin besar,” katanya.

Menurut Siti, jumlah sampah timbulan sebanyak 67,8 juta Ton pada 2020 lalu. Dan ini akan terus bertambah seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk dan perubahan gaya hidup. “Kondisi ini yang kita harus kelola dengan baik, salah satunya melalui program edukasi” ucapnya.

Pengelolaan sampah di Indonesia selama ini kumpul, angkut dan buang. Pola penanganan tersebut sudah berlangsung lama. Seolah sampah sesuatu yang tidak berguna dan harus dibuang. “Pendekatan ini hanya melalui pemrosesan akhir. Pola ini tengah mengalami evolusi mendasar dan sistematis,” terangnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button