Nasional

Tim GSGP Turun ke Sumatera Selatan, Targetkan Serap Gabah 95.455 ton

INDOPOSCO.ID – Upaya pemerintah memenuhi stok beras nasional gencar dilakukan di beberapa wilayah, salah satunya di Sumatera Selatan. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Surat Gubernur kepada Menteri Pertanian menyatakan telah melaksanakan beberapa upaya yaitu program beras Aparatur Sipil Negara (ASN) dan peningkatan penyerapan gabah oleh Bulog. Program beras ASN akan menyerap 5.180 ton gabah kering giling (GKG) per tahun.

Adapun target penyerapan Bulog sebesar 95.455 ton GKG dari total kapasitas gudang Bulog yang mencapai 136.350 ton GKG. Kemampuan serapan sampai akhir April diperkirakan 65.448 ton. Saat ini, Bulog telah menyerap GKG petani 20.452,5 ton GKG atau sekitar 30 persen dari target. Menurut Ninik Laswiati, perwakilan Bulog Sumsel menyebut rerata Bulog membeli gabah petani sebanyak 500 ton per minggu.

Ahmad, petani penerima bantuan pemerintah menyebut bantuan mesin pengering padi (vertical dryer) sangat membantu petani untuk memperoleh pengeringan gabah yang maksimal sehingga memperpanjang umur simpan gabah. Beberapa petani mensiasati harga gabah yang rendah dengan menahan penjualan hasil produksinya.

Petani yang mempunyai modal menyimpan GKG sampai harga di pasaran menguntungkan bagi petani. Petani yang tidak memiliki modal untuk pertanaman berikutnya serta tergantung pada penjualan GKG, diarahkan untuk memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk digunakan sebagai modal pada pertanaman berikutnya.

“Namun begitu, dukungan BULOG terhadap penyerapan gabah petani tetap diperlukan untuk mengatasi harga gabah yang rendah di pasaran,” ujar Ahmad di Palembang, Senin (22/3/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button