Headline

Tiga Sungai di Jakarta Barat Meluap

INDOPOSCO.ID – Sejumlah wilayah di Jakarta tergenang banjir. Tidak sedikit warga yang tinggal di bantaran sungai terdampar banjir.

“Di Jakarta Barat Kali Angke, Kali Pesanggrahan dan Kali Mookervart meluap dan warga di bantaran kali terdampak banjir,” ujar Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto melalui gawai, Sabtu (20/2/2021).

Uus mengatakan, hingga siang ini muka air ketiga sungai tersebut masih tinggi. Sehingga, pihaknya belum bisa melakukan pendataan jumlah warga terdampak banjir.

“Kita sedang tinjau lokasi. Untuk jumlah masih kami data. Wilayah terdampak disebabkan pengerjaan site pile Kali belum selesai, sehingga air meluap ke permukiman warga,” terangnya.

Ia menyebut, wilayah terdampak banjir di Jakarta Barat di antaranya di Pesing Komeng, Kedoya Utara, Kedoya Selatan dan wilayah Kembangan Utara. Untuk warga terdampak banjir, menurutnya, telah disiapkan posko pengungsian di wilayah banjir.

“Ini pertama kali ketiga kali meluap, padahal DKI tidak hujan,” ucapnya.

Uus menuturkan, pihaknya telah menyiapkan kebutuhan logistik berupa makanan siap saji, perlengkapan istirahat, fasilitas kesehatan dan kebutuhan lainnya. Hingga saat ini, petugas banyak terkendala oleh tingginya genangan air.

“Saat ini kami terus salurkan bantuan. Tidak sedikit untuk ke lokasi petugas kesulitan karena tingginya genangan,” katanya.

Dia berharap kepada warga yang tinggal di sepanjang bantaran Sungai Sekretaris, Pesanggrahan, Sungai Angke dan Sungai Mookervart di Jakbar, agar bisa melakukan evakuasi cepat. Karena sewaktu-waktu air sungai meluap.

“Evakuasi diri saja, kalau sudah sangat mendesak. Kalau masih ada waktu, jauh-jauh sebelumnya evakuasi barang-barang berharga dan keperluan lainnya,” ujarnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button