Gaya Hidup

Tiga Masalah Kesehatan pada Anak saat Pandemi Covid-19

INDOPOSCO.ID – Selama masa pandemi Covid-19, utamanya saat penerapan pembatasan mobilitas pada anak untuk menghindari penyebaran virus tampaknya penuh tantangan.

Ahli Gizi Dr Rita Ramayulis, DCN, M. Kes dalam keterangannya dikutip dari Antara, Sabtu (24/7) menjelaskan setidaknya terdapat tiga permasalahan kesehatan yang sering ditemui pada anak, khususnya di usia sekolah dasar di antaranya.

“Pertama rendahnya paparan sinar matahari alhasil anak akan rentan defisiensi vitamin D3. Kedua kurang gerak, alhasil berisiko kelebihan berat badan,” tutur pimpinan ketua Indonesia Sport Nutricionist Association( ISNA) tersebut.

Masalah lain yaitu konsumsi jajanan minim protein, vitamin serta mineral.

Kondisi itu menurut Rita mengkhawatirkan, mengingat defisiensi protein dan vitamin D3 menjadi salah satu penyebab imunitas turun, sehingga anak mudah terpapar virus berbahaya.

Tidak hanya dengan mengkonsumsi vitamin seimbang, aktif bergerak, serta mendapatkan paparan sinar matahari, pemilihan asupan tambahan atau jajanan yang kaya protein dan vitamin D, menjadi solusi yang penting dilakukan.

“Sebagai salah satu sumber asupan yang kaya akan protein serta sumber vitamin D, susu memberikan manfaat yang dibutuhkan tubuh anak, untuk dapat bertahan dalam situasi pandemi seperti saat ini,” tutur dia.

Untuk orang tua yang takut terkait produk- produk dengan kandungan gula, garam dan lemak yang biasa dijual di pasaran, Rita menyatakan sebaiknya para orang tua lebih teliti membaca merek pada kemasan produk.

“Kehadiran produk dengan kandungan gula, garam serta lemak yang aman, serta sudah mendapatkan label pilihan lebih sehat, dapat mempermudah orang tua serta anak dalam memilih asupan ataupun jajanan yang lebih baik,” tuturnya.

Terkait perlindungan kesehatan pada anak, penerapan aturan kesehatan yang ketat, serta mengonsumsi pilihan lebih sehat adalah keharusan.

Dia juga mengimbau kepada orang tua untuk juga memberikan bimbingan pada anak mengenai metode memilah tipe asupan yang baik untuk tubuh, diawali dari memperhatikan logo serta informasi vitamin yang tertera pada kemasan.

Melonjaknya kasus penularan Covid-19 pada kelompok usia anak pasti jadi perhatian kita bersama. Tidak hanya dengan tegas menerapkan aturan kesehatan yang ketat dengan menerapkan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, dan Membatasi mobilitas), mengonsumsi santapan bergizi seimbang dan asupan yang lebih sehat penting untuk dilakukan- sebagai pertahanan dasar untuk memperkuat daya tahan tubuh dari dalam. (mg2)

Sponsored Content
Back to top button