Gaya Hidup

The Panturas Mainkan Nada Melayu di Lagu “Tafsir Mistik”

INDOPOSCO.ID – Awal Maret ini grup band The Panturas merilis lagu tunggal kedua bertajuk “Tafsir Mistik”, yang mereka memainkan dengan nada Melayu dipadukan harmoni gitar musik Gipsi yang unik dan Arabik. Pada lagu tunggal perdananya “Balada Semburan Naga” yang rilis akhir 2020 mereka mengawinkan melodi kolosal Mandarin dengan celotehan cablak tembang gambang kromong Betawi.

“Tafsir Mistik” menyuguhkan simfoni yang baru dan segar, The Panturas mengubah kebiasaan lama yang membawakan nomor-nomor surf rock bertempo cepat dengan menciptakan sesuatu yang relatif lebih lambat bahkan tergolong mendayu. Lagu ini juga termasuk salah satu karya The Panturas yang beritme paling pelan.

“Buat kami ini gaya baru karena memainkan kord gitar yang terus berganti tangga nada. Dengan intro Melayu lalu di bagian tengah dimasukkan karakter musik Gipsy/Balkan. Kami tidak ingin menjadi monoton dengan menciptakan lagu-lagu surf rock yang puritan,” ujar bassis Bagus ‘Gogon’ Patria seperti dikutip Antara, Jumat (5/3/2021).

Vokalis dan gitaris Abyan Zaki Nabilio atau Acin mengatakan terinspirasi dari Django Reinhardt, seorang pemain gitar gypsy-jazz asal Prancis yang tersohor di era pasca Perang Dunia II dalam menulis lagu tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button