Nasional

Teten Masduki: Koperasi dan UKM Dorong Pertumbuhan Ekonomi

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 tidak hanya memukul sektor kesehatan, tetapi juga sektor perekonomian. Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki pada peringatan HUT Koperasi ke 74 secara daring, Senin (12/7/2021).

Dia mengatakan, pada kuartal pertama 2021 pertumbuhan ekonomi masih sebesar 0,74 persen year over year (YOY). Ini menunjukkan perbaikan dibandingkan kuartal empat 2020 lalu.

“Kita terus optimistis, karena lembaga riset menunjukkan peningkatan konsumsi masyarakat pada kuartal pertama 2021,” katanya.

“Ini jadi peluang bagi pelaku usaha khususnya koperasi dalam melayani anggotanya,” imbuhnya.

Pemerintah, menurut Teten terus mendorong pertumbuhan perekonomian nasional dengan implementasi peraturan pemerintah (PP) Nomor 7/2021 Tentang Kemudahan Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan UMK.

Ia menyebut, kemudahan tersebut meliputi perizinan usaha hingga kemitraan strategis dan alokasi 40 persen belanja pemerintah bagi koperasi dan UKM.

“Pemerintah juga menyediakan 30 persen infrastruktur publik bagi ruang usaha koperasi dan UKM,” bebernya.

Teten mengatakan, bantuan platform kredit usaha rakyat (KUR) ditingkatkan, dari Rp50 juta menjadi Rp100 juta. Kemudian juga, menurut dia, pemerintah tengah menyiapkan regulasi bagi koperasi dan UKM.

“Untuk platform awal maksimal Rp500 juta menjadi Rp20 miliar. Ini sebuah kemajuan yang luar biasa untuk pemberdayaan,” ungkapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button