Nusantara

Tetap Taati Prokes, Bupati Kudus Ingatkan Vaksinasi Bukan Untuk Tolak Bala

INDOPOSCO.ID – Bupati Kudus Hartopo mengingatkan bahwa vaksinasi virus corona (Covid-19) yang sedang dilaksanakan pemerintah bukan untuk tolak bala. Jadi masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan (prokes) dengan benar.

“Kami ingatkan, bahwa vaksinasi Covid-19 bukan untuk tolak bala dan antivirus, tetapi bertujuan menumbuhkan antibodi dan imunitas diri,” ujar Hartopo seperti dikutip Antara, Selasa (25/5/2021).

Untuk itu, dia mengajak, semua masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, termasuk yang sudah menjalani vaksinasi Covid-19, karena vaksinasi hanya bersifat mengurangi gejala ketika terpapar Covid-19.

Setidaknya, kata dia, ketika terpapar gejala yang timbul bersifat ringan, sehingga masih bisa diselamatkan. “Hal yang kami pikirkan justru sudah divaksin menjadi orang tanpa gejala (OTG) dan menularkan keluarganya. Tentunya hal ini menjadi permasalahan besar,” ujarnya.

Oleh karenanya, dia sekali lagi minta, masyarakat yang sudah divaksin sekalipun untuk hati-hati dan jangan sembrono. Saat ini pun banyak di rumah sakit yang terpapar Covid-19, meskipun sudah menjalani vaksinasi.

Pemkab Kudus juga masih mengejar target vaksinasi agar bisa memenuhi target 127.063 sasaran, meliputi tenaga kesehatan sebanyak 5.502 sasaran, pelayan publik sebanyak 52.660 sasaran, dan orang lanjut usia sebanyak 68.901 sasaran.

Upaya lain untuk memutus mata rantai penularan, yakni dengan melakukan penelusuran kontak erat dan tes cepat antigen secara acak guna mendeteksi ada tidaknya warga yang terpapar Covid-19. (wib)

Sponsored Content
Back to top button