Nusantara

Tersangka Penghina Palestina di NTB Dikenakan Wajib Lapor

INDOPOSCO.ID – Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menerapkan aturan wajib lapor terhadap pemuda berinisial HL alias Ucok yang menjadi tersangka kasus menghina Palestina melalui konten video yang diunggah ke media sosial TikTok.

Dirreskrimsus Polda NTB Kombes I Gusti Putu Gede Ekawana mengatakan, pihaknya menerapkan aturan wajib lapor setelah kasusnya diselesaikan dengan mengedepankan keadilan restoratif (restorative justice).

“Jadi penahanannya sudah ditangguhkan, sekarang kepada yang bersangkutan kita terapkan wajib lapor,” kata Ekawana seperti dilansir Antara, Jumat (21/5/2021).

Terkait dengan penanganan kasusnya yang sudah naik ke penyidikan dan menetapkan HL sebagai tersangka yang diduga melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Ekawana mengungkapkan bahwa unsur pidana terkait ujaran kebenciannya itu ditujukan terhadap negara lain.

“Niatnya (ujaran kebencian) memang ada, tapi secara hukum, perbuatannya tidak memenuhi unsur pidana, karena itu ditujukan untuk negara lain, bukan negara kita,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button