Nasional

Terdampak Pandemi Covid-19, Ketua DPD RI Ingatkan Soal Kemiskinan Anak

INDOPOSCO.ID – Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan, pemerintah mengenai dampak kemiskinan anak imbas pandemi Covid-19. Ia meminta pemerintah agar mengantisipasi hal tersebut. Berdasarkan data UNICEF diprediksi sekitar 2 juta anak Indonesia terancam miskin akibat Covid-19.

“Goyahnya ekonomi keluarga akan memicu meningkatnya eksploitasi anak untuk bekerja dan putus sekolah. Ini akan membahayakan dan dapat menyebabkan lost generation,” ujar LaNyalla dalam keterangannya, Sabtu (6/3/2021).

Dia menyebut, rata-rata masyarakat kelas bawah tidak memiliki tabungan jangka panjang. Sehingga kerentanan ketahanan keluarga dan rapuhnya bangunan ekonomi mengancam setiap saat.

Dikatakan LaNyalla, dibutuhkan antisipasi pemerintah sejak sekarang. Agar kemungkinan dua juta anak miskin tersebut tidak menjadi beban negara. “Saat ini saja sudah banyak anak-anak yang putus sekolah, menikah muda karena faktor ekonomi, serta maraknya anak-anak yang harus turun ke jalanan mengais rejeki. Hal ini harus segera ditangani,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button