Nusantara

Tekanan terhadap Bumi Luar Biasa, Ganjar: Butuh Kearifan untuk Merawat

INDOPOSCO.ID – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, tekanan terhadap Bumi makin luar biasa sehingga perlu kearifan dari berbagai pihak untuk mengelola, menata dan memulihkan.

“Hari Bumi ini merupakan momentum bersama yang tepat untuk membangun kesadaran itu. Buruknya kondisi Bumi ke depan bergantung pada bagaimana manusia mengolahnya dan secara logika ketika tidak bisa mengolah dengan baik maka kondisi Bumi akan makin buruk,” kata Ganjar saat membuka webinar Peringatan Hari Bumi di Semarang, Kamis (22/4/2021).

Keburukan itu, sambung dia, sudah muncul sejak revolusi industri dengan pemanfaatan energi fosil secara masif yang ditambah eksploitasi lingkungan dan gas buang yang menjadi polusi.

“Beberapa bencana alam yang terjadi belakangan ini banyak yang mengatakan karena faktor perubahan iklim dan adanya La Nina, namun jika ditarik lagi perubahan iklim kemudian ada longsor hingga banjir bandang itu bisa jadi karena kita,” ucapnya, dilansir Antara.

Selain itu, eksploitasi sumber daya alam juga harus dikendalikan dengan regulasi sehingga seluruh ilmu pengetahuan dan peralatan bisa digunakan, termasuk mulai beralih ke energi baru terbarukan sehingga tidak banyak terjadi polusi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button