Nasional

Tekan Impor, Pemerintah Targetkan 40 Persen TKDN di 2024

INDOPOSCO.ID – Pemerintah menargetkan implementasi rata-rata Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada semua sektor mencapai 40 persen pada 2024 mendatang.

Pernyataan tersebut diungkapkan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta, Rabu (14/7/2021).

Kebijakan kenaikan TKDN tersebut, menurutnya, untuk mendongkrak program Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN) sebagai upaya menekan impor.

Ia meyakini, verifikasi kebenaran capaian TKDN oleh PT. Surveyor Indonesia dan PT. Superintending Company of Indonesia (Sucofindo) bisa tercapai. Hal itu sesuai dengan Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 57 Tahun 2006. “Kami optimistis hal itu bisa tercapai,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Komersial PT Surveyor Indonesia Saifuddin Wijaya mengaku optimistis target TKDN 40 persen dapat tercapai. Meskipun, TKDN setiap sektor berbeda-beda.

“Satu sertifikat bisa memuat produk yang jenis, bahan baku dan proses produksi yang sama meski dimensi yang berbeda,” katanya.

“Dan satu perusahaan bisa kantongi 8 sertifikat TKDN. Saat ini tersedia 9 ribu TKDN gratis dengan nilai 25 persen,” imbuhnya.

Ia menambahkan, sebuah produk yang sudah memiliki sertifikat TKDN dapat digunakan pada proses pengadaan pemerintah. Dan produk bersertifikat TKDN akan tercantum di website P3DN Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

“Peningkatan produk bersertifikat TKDN dapat menghemat devisa negara, karena mengurangi ketergantungan terhadap produk impor,” ungkapnya. (nas)

Sponsored Content
Back to top button