Nusantara

Target Tuntas Pembebasan Lahan Tol Padang-Pekanbaru Desember 2021

INDOPOSCO.ID – Agar proses konstruksi tol Padang-Pekanbaru seksi I Sicicin-Padang bisa tuntas pada Desember 2022, maka pembebasan lahan diharapkan selesai pada Desember 2021. “Kita minta ada laporan harian dalam proses pembahasan lahan ini, supaya kendala bisa cepat diatasi, sehingga penyelesaiannya bisa sesuai target,” kata Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi di Padang, Sabtu (10/7/2021).

Dia mengatakan, dengan kerja sama dan koordinasi dari berbagai pihak termasuk Forkopimda persoalan pembebasan lahan tol itu bisa dilakukan dengan lebih cepat. “Masing-masing pihak memiliki kewenangan yang berbeda, karena itu tidak bisa menyelesaikan permasalahannya sendiri. Harus ada koordinasi dengan semua pihak mulai dari provinsi, Pemkab Padang Pariaman, BPN, Kepolisian, TNI hingga Kejaksaan,” ujarnya.

Proses pembebasan lahan dengan cara bekerja sama itu telah pernah dilakukan pada proses pembebasan lahan proyek pembangunan Bypass Padang dan berjalan dengan baik. Karena itu dia optimistis dalam waktu dekat penulisan lahan tol padang-pekanbaru bisa selesai.

Senada dengan itu Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy mengatakan sejak beberapa minggu terakhir ia dan tim yang baru ditunjuk oleh Gubernur telah turun langsung ke lapangan dalam rangka percepatan pembebasan lahan. “Kita telah turun bersama dengan Kapolda dan bertemu dengan masyarakat. Ternyata tidak ada yang menolak pembangunan, bahkan beberapa pemilik lahan yang dokumennya telah lengkap meminta agar pencairan dana dipercepat,” katanya dilansir Antara.

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto meminta agar tidak ada informasi yang ditutupi dalam tim. Ia percaya kerja sama dengan kewenangan berbeda dalam satu tim akan mempercepat proses pembebasan lahan.

Ia minta Badan Pertanahan Nasiaonal (BPN) untuk tidak larut dalam persoalan internal pemilik lahan. Jika memang tanahnya telah selesai diukur dan dokumen yang lengkap segera dibayarkan atau dititipkan di pengadilan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button