Nasional

Target Nilai Perdagangan RI-Tiongkok Naik Tiga Kali Lipat

INDOPOSCO.ID – Menteri Perdagangan (Mendag) M Lutfi mengungkapkan target baru perdagangan antara Indonesia dan Tiongkok akan ditingkatkan tiga kali lipat dalam tiga tahun ke depan.

“Pada kesempatan pertemuan bilateral ini kami berkesempatan untuk berbicara dengan mitra kami yakni Kementerian Perdagangan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terdapat beberapa poin yang bisa diberikan. Pertama adalah target baru dalam tiga tahun ke depan di mana kita akan meningkatkan tiga kali lipat perdagangan kedua negara dari 31 miliar dolar AS pada saat ini menjadi 100 miliar dolar AS pada tahun 2024,” ujar Mendag Lutfi dalam konferensi pers virtual bersama Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri BUMN Erick Thohir di Wuyi, Fujian, Republik Rakyat Tiongkok pada Jumat (2/4/2021).

Lutfi juga menambahkan, poin kedua adalah kedua negara akan mendalami lagi kesepakatan kerjasama perdagangan yang sudah ditandatangani sejak tahun 2011 yakni Bilateral Economic and Trade Cooperation (BETC) menjadi Trade and Investment Framework Agreement (TIFA).

“TIFA ini akan menjadi jenjang ke yang lebih tinggi, kemungkinan kita akan membicarakan untuk memperdalam kegiatan perdagangan kedua negara dengan skema Comprehensive Economic Partnership Agreement atau CEPA,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button