Nasional

Target 2024 Ada 244 Desa Wisata Tersertifikasi

INDOPOSCO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong agar desa-desa wisata dapat menghadirkan produk unggulan yang otentik sesuai dengan potensi daerahnya masing-masing.

“Ini yang ingin kita dorong, apa produk unggulan di suatu desa tersebut yang bisa kita kembangkan. Baik dari potensi alam, budaya, dan buatan atau karya kreatif yang otentik,” ujar Sandiaga Uno dalam keterangan, Senin (26/4/2021).

Ia mencontohkan, desa Wisata Penglipuran di Bali, fokus utamanya adalah adat istiadat desa yang sangat luar biasa, terkenal sebagai desa terbersih. Dari potensi tersebut, menurutnya, bisa memberikan nilai tambah. Sehingga wisatawan memperoleh pengalaman berwisata yang memuaskan.

“Ini (contoh desa wisata Penglipuran) yang dinamakan nilai tambah. Dengan nilai tambah ini, produk unggulan di desa wisata akan bertransformasi menjadi produk wisata yang dapat ditawarkan kepada wisatawan,” terangnya.

Kemenparekraf, dikatakan Sandiaga menargetkan sebanyak 244 desa wisata tersertifikasi menjadi desa wisata mandiri hingga 2024.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button