Nasional

Tantan Taufiq Lubis Kembali Terpilih Jadi Asia Region Representatif of ICYF

INDOPOSCO.ID – Forum Pemuda Kerjasama Islam/Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF) kembali menggelar sidang umum ke-4 di Istanbul, Turki pada 25-31 Agustus 2021.

Pada sidang umum itu, Presiden ICYF wakil dari Turki, H.E Mr. Taha Ayhan mempresentasikan laporan kerja dan strategi forum kepada anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

Pada sidang ini, perwakilan dari 56 negara anggota membahas strategi Pemuda OKI Dunia/ICYF sebagai organ resmi OKI yang mengurusi kepemudaan, pengembangan pemuda, pemberdayaan ekonomi, budaya, seni, olahraga, hak asasi manusia dan isu-isu lingkungan selama pertemuan yang digelar beberapa hari tersebut.

Kemudian, statistik dan kesimpulan tentang proyek yang dikembangkan di area ini akan dibagikan kepada negara-negara anggota OKI.

Adapun, pemuda Indonesia, Tantan Taufiq Lubis kembali dipercayakan atau terpilih menjadi Asia Representative of ICYF, sekaligus menjadi Vice President Pemuda Islam Untuk Tingkat Dunia mendampingi President Taha Ayhan dari Turki.

Telah terpilih Vice President baru Alegia Jarju dari Gambia mewakili African Region dan Dr. Mohamad Hazimeh dari Lebanon mewakili Arab Region.

Pemuda OKI Dunia/ICYF dan ICYF Eurasian Regional Center (ICYF-ERC) sebagai organ afiliasi OKI yang mengurusi pembangunan dan pemberdayaan pemuda di 56 negara telah menjadi mitra berbagai kegiatan kepemudaan di region Asia, Afrika, Arab, Eurasia, dan Indonesia sebagai salah satu mitra strategis.

Sidang umum juga menghasilkan resolusi tentang kebutuhan internal organisasi dari sisi konstitusi dan mengenai kebutuhan ummat islam yang meliputi resolusi mengenai Nagorno Karabakh, Afghanistan, Palestina, Kashmir, Rohingya dan Uyghur khususnya mengenai isu kemanusiaan dan perdamaian.

Apresiasi para perwakilan pemuda terhadap Pemerintah Turki, Azerbaijan, Pakistan, Qatar, Bangladesh dan Lebanon atas dukungannya untuk kegiatan kepemudaan dan kerja samanya dengan ICYF sebagai tuan rumah sekretariat, tuan rumah berbagai kegiatan high level forum pemuda dan tuan rumah Ibu Kota Pemuda OKI/OIC Youth Capital.

Termasuk juga terhadap secretariat ICYF yang telah menyukseskan pembentukan Model OIC (MOIC) University Representatives di berbagai universitas dan kampus di negara-negara anggota OKI dan mendukung sepenuhnya penunjukan MOIC Country Representatives di 29 negara, termasuk Pakistan, Bangladesh, Bosnia Herzegovina, Filipina, Malaysia, Myanmar, Amerika Serikat, Maroko, Tunisia, Ethiopia, Niger dan lainnya.

Indonesia adalah salah satu negara yang sudah mempunyai Country Representative untuk MOIC program yang kini diemban oleh Presiden OIC Youth Indonesia, Astrid Nadya Rizqita yang juga Deputi Chairman NYC Indonesia.

Tidak hanya di tingkat pemuda, namun pemerintah negara-negara lain diharapkan dapat berkontribusi lebih aktif dalam penyelenggaraan kegiatan di bawah Forum Pemuda OKI Dunia.

Pada kegiatan ini, ucapan terima kasih dan apresiasi seluruh perwakilan pemuda kepada host country Republik Turki dan sekretariat ICYF tidak hanya atas pelayanan dan hospitality-nya selama sidang umum, tapi juga selama menjadi host country untuk tuan rumah kantor sekretariat ICYF.

Delegasi Indonesia dalam kegiatan tersebut didampingi Ketua PPI Istanbul Bagas, Perwakilan PCI Muhammadiyah Turki Fauzul Adzim, Ketua HMI Turki Haqi beserta Syafiq dan perwakilan dari Konjen RI di Istanbul Elizabeth Dewi beserta Diah yang kemudian delegasi secara resmi diundang ke kantor konsulat jenderal oleh Konjen RI Imam As’ari. (arm)

Sponsored Content
Back to top button