Gaya Hidup

Tangkal Hoaks Covid-19, Inilah Peran Vitamin C, D dan Zinc dalam Menjaga Imun Tubuh

INDOPOSCO.ID – Sampai pekan pertama Agustus 2021, penambahan kasus positif Covid-19 harian di Indonesia masih berada di atas angka 30 ribu. Bahkan, jumlah kasus aktif di Indonesia menjadi terbesar keenam di dunia dengan 507.117.

Situasi pandemi masih mengkhawatirkan. Sementara, banyak beredar informasi tidak valid sumbernya terkait Covid-19. Bahkan, Kementerian Komunikasi dan Informatika mencatat 1.828 konten hoaks mengenai Covid-19 telah tersebar melalui sosial media sejak Januari 2020 hingga awal Agustus 2021.

Untuk mengklarifikasi dan meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai referensi informasi yang terpercaya, Hello Sehat bersama Kementerian Kesehatan, dan didukung oleh Redoxon, menggagas webinar bertajuk, “Hoaks, Fakta, Sains Pejuang Isoman Covid-19” yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait langkah kunci penanganan Covid-19 saat melakukan isolasi mandiri (isoman) secara menyeluruh.

Kegiatan webinar menghadirkan pembicara utama: Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan dan Juru Bicara Vaksin Covid-19, Dr. Suci Sutinah Diah Suksmasari, Country Medical Lead Consumer Health Bayer Indonesia, serta dr. Gia Pratama, praktisi kesehatan.

“Informasi yang keliru mengenai Covid-19 tidak hanya membingungkan masyarakat, tetapi juga berisiko membahayakan kesehatan. Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah memberikan informasi yang benar berlandaskan sains untuk penanganan Covid-19 secara menyeluruh, termasuk tatalaksana bagi pasien isoman,” ungkap Dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan.

“Tak terkecuali, pedoman isoman secara non-farmakologis (non-obat), seperti panduan menjaga rumah tetap higienis serta perilaku 3M oleh pasien dan keluarganya. Juga, tak kalah penting, panduan secara farmakologis (terkait obat-obatan), termasuk anjuran pentingnya nutrisi tambahan meliputi vitamin C, D dan Zinc untuk membantu membangun imunitas tubuh,” lanjutnya.

Pemahaman yang benar mengenai asupan nutrisi yang tepat dalam menjaga dan memulihkan imunitas tubuh juga tak kalah penting. dr. Gia Pratama, praktisi kesehatan, menegaskan, imunitas tubuh memproteksi diri dari serangan dari luar, yaitu mikroorganisme seperti bakteri, virus, jamur yang membahayakan kesehatan.

“Imunitas yang prima semakin krusial dibutuhkan di tengah situasi mewabahnya suatu penyakit, seperti sekarang. Artinya, pemilihan asupan nutrisi untuk mendukung imunitas juga tidak boleh sembarangan. Apalagi hanya didasarkan pada ‘katanya’, lebih-lebih hoaks. Informasi yang benar berbasis sains harus diutamakan,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button