Megapolitan

Tangerang Zona Kuning Covid-19, Tempat Wisata akan Beroperasi Kembali

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah mengizinkan  tempat wisata di zona kuning untuk kembali beroperasi.

Pembukaan wisata pun menjadi pertimbangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.  Sebab, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten merilis bahwa, wilayah Kabupaten Tangerang telah masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar bakal mengizinkan para pengelola objek wisata yang ada di daerahnya itu untuk beroperasi kembali dengan menerapkan sejumlah syarat.

Berita Terkait

“Kita tentunya mengikuti instruksi, tetapi kita akan membatasi pembukaan objek wisata itu,” kata Bupati, Zaki di Tangerang, Kamis (3/6/2021).

Zaki mengungkapkan, ada beberapa parameter yang harus dipenuhi oleh para pelaku pengelola objek wisata sebelum benar-benar membuka usaha mereka. Salah satunya adalah wajib membatasi pengujung sebanyak 50 persen dari kapasitas yang ada.

“Ini harus benar dipahami oleh pengelola objek wisata, di mana pembatasan dan pengetatan protokol kesehatan (prokes) wajib diterapkan,” katanya.

Zaki menegaskan, tak semua tempat wisata boleh buka. Izin pembukaan diberikan kepada pengeloa tempat wisata saja yang dinilai rendah risiko penularan virus corona, serta sudah layak atau memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Satgas Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Tangerang.

“Jadi nanti dari Satgas akan menilai, mana saja tempat wisata yang layak untuk dibuka kembali dan sudah memenuhi persyaratan,” katanya.

Zaki mengatakan kebijakan yang tegas akan diterapkan dalam pengoperasian tempat wisata tersebut. Terlebih, lanjut dia, saat ini banyak lokasi objek wisata di Kabupaten Tangerang yang dikunjungi oleh wisatawan dari luar daerah, sehingga sangat sulit untuk mengontrolnya.

“Jika nanti pada saat pembukaan itu ada yang melanggar, kita akan memberikan sanksi secara tegas,” katanya. (dam)

Sponsored Content
Back to top button